Dunia usaha saat ini wajib ikut berpartisipasi dalam rangka pelestarian lingkungan dan kesejahteraan sosial. Regulasi di Indonesia telah dibuat pemerintah, yakni Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Pasal 74 dalam UU ini menyatakan, (1) perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan (2) kewajiban tersebut diperhitungan sebagai biaya perseroan yang pelaksanaannya dilakukan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran (3) perseroan yang tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud ayat (1) dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan terkait.
Berbagai konsep untuk mengimplementasikan UU dibuat seiring dengan perkembangan zaman yang semakin kompleks. Oleh karena itu, kepentingan ekonomi perusahaan perlu dipadukan dengan tanggung jawab sosial dan lingkungan (Corporate Social Responsibility/CSR). Creating Shared Value (CSV) adalah salah satu konsep yang mengharuskan perusahaan untuk menciptakan nilai ekonomi (economic value) secara bersama sama (shared) dengan nilai sosial (social value).
Kitzmueller & Shimshak (2012) menjelaskan bahwa konsep CSV merupakan pelengkap dari konsep CSR, tetapi berbeda dalam banyak hal dari CSR. Hal ini dibahas lebih lanjut, jika CSR lebih fokus pada kepatuhan peraturan yang relevan, yang memiliki tujuan utama dalam peningkatan reputasi korporasi, maka CSV menyerukan integrasi keseluruhan antara perusahaan dan lingkungan sosialnya.
Selanjutnya, dalam hal motivasi, CSR berbeda dengan CSV. Pelaksanaan CSV didorong oleh faktor internal perusahaan lebih bersifat proaktif, sedangkan CSR menjadikan perusahaan bersifat responsif tetapi didorong oleh faktor eksternal.
Implementasi CSV berbeda dengan CSR. Jika CSR menempatkan masyarakat termasuk pemangku kepentingan sebagai obyek, konsep CSV justru menempatkan masyarakat dan pemangku kepentingan sebagai mitra (Porter & Kramer, 2011). Oleh karena itu, konsep CSV mengedepankan interdependensi antara perusahaan dengan masyarakat dan lingkungan.
Referensi:
Kitzmueller, M. & Shimshak, J. 2012. Economic Perspectives on Corporate Social Responsibility, Journal of Economic Literature 2012, 50:1.
Porter, M.E. and Kramer, M.R. 2011. The Big Idea: Creating Shared Value. Harvard Business Review.